0

GAZA KEMBALI BERDUKA

Hancur lebur hati ini lihat berita di sepuluh malam terkahir romadhon, bagaimana tidak, warga Palestina digempur oleh Bani bangsat Israel ketika mereka sedang solat di Masjid Al-aqso. Tindakan biadab itu telah merenggut puluhan nyawa.

Pemeluk Islam di muka bumi ini seperti buih di lautan, banyak tapi meluap terbawa ombak. Hanya segelintir insan yang betul-betul perduli. Presiden kita hanya mengutuk tanpa AKSI. 🀬

Dibalik kesedihan ini, beberapa selebgram dan youtuber Indonesia coba menggalang dana sebagai bentuk keperdulian mereka. Akun @fadiljaidi dalam waktu 24jam berhasil mengumpulkan dana 5M. Disusul Atta Halilintan dan Aurel Hermansyah berlomba untuk menggalang dana juga. MasyaAllah

Kita sudah berbuat apa untuk Saudara saudara kita di Gaza? Disaat kami masih sibuk memikirkan menu untuk lebaran, mereka justru ketakutan akan serangan nuklir susulan.

Update berita terbaru, pagi hari ( waktu Gaza) mereka di gempur lagi oleh serangan nuklir.

Ya Allah semoga engkau membinasakan kaum bani Israel.

Foto: pinters

0

Hari Raya 1442 H

2x lebaran masih bersama corona, gila nya pemerintah kali ini selain melarang mudik lintas pulau, juga melarang mudik LOKAL. Mudik lokal ini misalnya walau mau mudik area JABODETABEK pun dilarang ❌

Beberapa hari sebelum hari raya, tetep pantau arus mudik, awalnya berjalan sesuai aturan pemerintah ehh lama lama jebol juga tuh pertahan. “Ketika rasa rindu mengalahkan rasa takut terhadap corona”.

Yang membuat jengkel adalah, larangan mudik tersebut berbanding terbalik dengan dibukanya penerbangan dari Wuhan ke Indonesia. Mereka berdalih, kedatangan WNA tsb hanya bagi yang berkepentingan BISNIS. Hahahaha I don’t think so. Yakaleeee cuma perjalan bisnis doang mpreettt.

Walau jengkel karna larangan mudik ini, saya berusaha untuk patuh, walau hati sedih liat status orang-orang terutama keluarga dikampung seru-seruan dihari raya, mereka posting aneka ria foto bareng keluarga. Saya? Atuhlah abis salaman back to nyuci baju yang sudah manggil manggil minta di bilas 😡

Selamat lebaran, maaf lahir batin.

Dari anak rantau yang gak jauh jauh banget dari perantauan, tapi berasa terpenjara oleh aturan yang blunder dari pemerintahan ini.

0

GULA PASIR DAN LUKA

Suatu hari saya ada acara bukber di Citeureup Town Square (CITOS), yahh namanya keluarga besar pasti crowded banget.

Sidqi ikut serta dalam acara iftar itu, tidak seperti pertemuan sebelumnya, kali ini dia sangat friendly sama semua orang. Dia begitu antusias, saking semangatnya kakinya tersandung karpet dan terjatuh,, anak itu menangis histeris, biasanya kalo nangis sampe segitunya pasti ada yang terluka, dan benar saja darah segar mengucur deras dari bibir atasnya.

Melihat darah segar keluar dari mulutnya, saya shock dan sempat freeze sepersekian detik. Hingga akhirnya tersadar dan meraih anak itu. Berusaha menghentikan pendarahan dengan beberapa tissue, tetap saja darah itu tak kunjung berhenti. 😞

Hingga, Shinta keponakan saya bilang dengan santai nya. “Ambil gula pasir, olesin ke lukanya”

Saya yang ragu-ragu, karna tak punya pilihan akhirnya mengikuti saran keponakan saya yang sudah punya 2 anak itu. “Biar apaan pake gula? ”

“Biar darahnya berhenti, terus gak sariawan, dan cepet kering lukanya.” Jawab shinta dengan muka teduh dan seutas senyum di bibirnya.

Ahh sudahlah saya lukukan saja perintahnya, 3x usapan gula pasir saya torehkan di bibir sidqi yang terlihat jontor itu. Awalnya makin histeris, olesan kedua mulai tenang, begitupun olesan berikutnya darah BERHENTI mengucur ” MasyaAllah Tabarokallah.

Bahkan ke-esokan harinya tak nampak bibir yang jontor itu, makan pun normal seperti biasanya. MasyaAllah ternyata obatnya ada disekitar kita, dan kalo ada kejadian serupa diharap jangan panik karna bakalan bikin kacau konsetrasi kita.

Terimakasih keluarga ku yang konservatif tapinya KEREN BANGET.

jadi inget dulu waktu kecil, dagu saya robek dan pendarahan parah. Saya fikir saat itu bakalan langsung di bawa ke UGD, nyatanya ibu saya ke kebon cari daun merdeka dan bekicot untuk di racik jadi obat kompres, alhamdulillah sembuh seketika, besoknya maen lagi seperti biasa. Hahahha

Foto: HOMESTEADING. COM

#backToNature #gulaPasirObatLukaBerdarah

0

FANS

Fans Indonesia ngeri-ngeri yahh Bun, (ehhh gatau juga sihh sama fans diluar negeri sana).

Tiba-tiba mau bahas soal ke haluan fans Indonesia, awalnya gak ngeuh karna gak nonton sinetronnya (ikatan cinta di RCTI).

  • Pemeran pria: Arya Saloka
  • Pemeran wanita: Amanda Manopo

Nahhh gegara rame di twitter land. Akhirnya kepo ke salah satu fansbase mereka. Daaann horor loh mereka ngejodoh jodohin si pemeran itu, yang mana Arya Saloka sudah beranak istri.

Sampe istrinya bikin story di IG, kalo gak salah bilang “untuk para fans Arya, udahan yah ngedoa’in kita agar cerai” πŸ₯Ί

GILAAAK beneran ampe segitunya??. kok parah banget yaah fans-fans itu, tak habis fikir ngejodohin sama orang yang udah beranak istri, si Amanda nya juga dulu masih pacaran sama si Billy saputra.

Halu yang menyesatkan diri, yahh ngefans boleh. Tapi itu G***k jangan..

Hadeuhhh πŸ˜–

0

BAYAR FIDYAH

“Bun kalau mau bayar Fidyah caranya gimana? ” Tiba tiba suami nanya tatacara baya hutang puasa.

“Wahhh aku inget inget lupa, makesurenya aku tanyain ke yang lebih faham yahh” Sahut saya
Untung suami nanya soal fidyah, saya jadi mengingat ulang apa masih punya hutang puasa ramadhan kemarin.

Ngomongin soal FIDYAH, Emang siapa aja sih yang berhak bayar FIDYAH? Diantaranya yaitu :

1. Orang yang sakit dan secara umum ditetapkan sulit untuk sembuh lagi.
2. Orang tua / lemah yang sudah tidak kuat lagi berpuasa.

3. Wanita yang hamil dan menyusui
4. Orang yang menunda kewajiban mengqadha’ puasa Ramadhan tanpa uzur syar’i hingga Ramadhan tahun berikutnya telah menjelang.

π–π€πŠπ“π”ππ˜π€ πŠπ€ππ€π?

Seseorang dapat membayar fidyah, pada hari itu juga ketika dia tidak bisa melaksanakan puasa. Atau diakhirkan sampai hari terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana dilakukan oleh sahabat Anas bin Malik ketika beliau telah tua.

𝐂𝐀𝐓𝐀𝐓𝐀𝐍 ππ„ππ“πˆππ†..!!!
Yang tidak boleh dilaksanakan adalah pembayaran fidyah yang dilakukan sebelum Ramadhan. Misalnya: Ada orang yang sakit yang dokter menyarankan untuk tidak berpuasa, tapi sebelum romadhon dia sudah membayar fidyah terlebih dahulu. Maka, yang seperti ini tidak diperbolehkan. Ia harus menunggu sampai bulan Ramadhan benar-benar telah masuk, barulah ia boleh membayarkan fidyah ketika hari itu juga atau bisa double di akhir Ramadhan.

𝐂𝐀𝐑𝐀 ππ€π˜π€π‘ππ˜π€ π†πˆπŒπ€ππ€?
FIDYAH bisa dibayarkan kepada org dhuafa sebanyak hutang yang kita tinggalkan. Misal hutang puasa 1 hari, maka kita beri makan orang dhuafa tsb sebanyak 1x sesuai jatah makan kita (misal sehari biasanya makan habis 25rb) . Nah jika hutang kita 30hari maka bisa dibayarkan sebanyak itu pula. Bisa ke orang yang sama atau random.

Menurut ahli ulama fidyah bisa berupa makanan /pun uang. Saat ini untuk memudahkan fidyah banyak lembaga sosial untuk penyalurannya, tapi ustadzah saya bilang “Baiknya kita beri langsung sama kaum dhuafa lebih bagus lagi kalo sudah yatim, lebih afdol lagi sama tetangga. ” Coba silaturahmi ke tetangga, coba tengokin kana kiri tetangganya siapa2tau ada yang kesusahan. “seperti yang diajarkan Rasulullah dan para sahabat, yg selalu ngecek tetangganya apa ada yang kurang mampu atau tidak, ada yang bisa makan / ngga. Karna itupun akan dimintai pertanggungjawaban kita di akhirat kelak.”

Ya Allah yaa robb πŸ˜”

πŸ“Έ: pinters

#RamadhanMenulis #30harimenulis #30daywriting #30motivasikebaikan

0

BUKA PUASA & EGO

Udah masuk puasa hari ke-3 nih, giaman puasa nya lancar? Dan bagaimana buka puasanya LAHAP? santuy? Atau bales dendam? Karna biasanya seharian puasa Nafsu makan jadi menggila. Gorengan, kolak, asinan, rendang dll gak pernah absen di menu buka.Ust Khalid Bassalamah dalam ceramahnya mengingatkan kita untuk mengontrol ego dan sifat tamak, karna tujuan dari puasa adalah bagaimana mengontrol makan dan minum, dalam hadistnya Nabi SAW berkata ” tidak ada wadah yg lebih buruk dari anak adam dibandingkan perutnya”Puasa bukan ajang balas dendam, justru pengontrolan makanan & minuman yg dikonsumsi. Sunnah Nabi SAW adalah memakan kurma rubthob (kalo ada) atau kurma lainnya, juga minum air. Dan dari riwayat ini memang sangat dianjurkan MAKAN KURMA DAHULU BARU AIR, walaupun dalam kondisi haus.Dan ini adalah sebaik2nya buka puasa. Karna dalam riwayat haidst Nabi lainya: “sebaik-baiknya kalian berbuka puasa adalah kurma, dan sebaik-sebaiknya kalian bersahur adalah kurma.” Setelah itu boleh minum air, kemudian sholat baru makan berat agar perut tidak kaget.π‚πšπ­πšπ­πšπ§ 𝐏𝐞𝐧𝐭𝐒𝐧𝐠:1. Makan secukupnya dan tidak mubazir. Kaena Allah SWT mengatakan “sesungguhnya org yg mubazir adlh saudara setan dan setan kufur kpd Tuhannya.2. Baca Bissmillah, dengan suara terdengar, krn jika kita sedang berbuka dgn orang lain, bisa jadi org lupa membacanya. Jika lupa baca Bissmillah sungguh merugi, karna tidak ada pahala di dalamnya.3. Saat makan & minum gunakan tangan kanan, dan minumlah dengan tenang, jangan bernafas didalam wadahmu. Nabi bersabda ” Jangan kalian makan dan minum dgn tangan kiri karna setan makan dgn tangan kiri, dan Nabi mengingatkan anaknya Salamah, anak dari istri baliau. “Wahai anak kecil makanlah dgn membaca bissmillah, dengan tangan kanan dan makanlah apa yg ada dihadapan mu. “Selamat Berpuasa, dan berbuka lah dengan cara yang benar.#RamadhanMenulis #30harimenulis #30daywriting #30motivasikebaikanπŸ“·: i. Pinimg. Com

0

HATAM CHALLANGE

Seorang sahabat nge’DM, ngasih tau kalo ada challange nulis selama romadhon ini (nulis Motivasi/kebaikan). Saya cuma merespon “beraaddd amat sob” Siapakah saya yang cuma remahan rengginang dalam kaleng khongguan suruh nulis motivasi ala2 Dahlia Teguh.

Tapi setelah merenung, gak ada salahnya juga dicoba, toh Rosulullah menyuruh kita (bukan cuma para pengajar) untuk menyampaikan kebaikan walau cuma 1 ayat, oke bissmillah Prokk.. Prookk jadi apaaaa..!!! πŸ˜„

Menjelang subuh saya membuka mushaf dan mata tertuju pada QS Al-Baqoroh ayat 185. Isinya menjelaskan tentang keutamaan2 Baca quran, terlebih dibacanya saat romadhon. Guru saya bilang ” PUASA DULU KELESSS GADGETNYA, DI BACA ITU QUR’AN nya. Belum tentu tahun depan bisa ketemu lagi sama romadhon”

Makjleb, seperti ada gundam yg menghantam ulu hati. Iyaa yaak, leha2nya di skip dulu aja. Apalagi godaan Si youtube & DRAKOR nya bikin lupa waktu. kudu kencengin niat PAKE BISSMILLAH KUADRAT

Kali ini Ditantang kudu hatam selama romadhon, jujur tahun2 terdahulu keteteran mulu, sibuk ini itu, alhasil cuma HAMPIR HATAM alias gak capai target. Walaupun kali ini sudah menjadi MADAM2 alias emak2 rempong, harusnya gak jadi alesan kan yaakk utk gak baca Mushaf nya. (Jadi yg kemaren ALASAN AJEE ANDA DAHLIA)

Pada QS Al-Baqoroh :185
Dijelasin, kalo ramadhan bulan diturunkannya al-quran. Kalo anak jaman Now ‘lagi Birthday gitu lah, jika hari biasanya aja 1 huruf bisa diganjar 10 kebaikan, apalagi ini bisa double combo pahalanya. Apalagi yang sekarang lagi ultah barengan sama romadhon. Beuhhh gak kebayang EXTRA DOUBLE COMBO PAHALANYA.
Marhaban ya romadhon. Bissmillah on fire sampe garis finish πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯

#

RamadhanMenulis #30harimenulis #30daywriting #30motivasikebaikan

1

SETONK JILID 2

“Kenapa sih udah di gigit sampe berdarah darah sama si setonk masih aja tuh kucing jelek di pelihara? ”

“Sukurin, lagian becanda sama kucing gila gitu sih, tau rasa kan lu sekarang kudu sampe di jahit”

“Udah sih buang aja tuh kucing jelek ke pasar, bikin lu sengsara doang”

“Yaelaahhh buang-buang duit amat bawa kucing ke dokter, abis jutaan pula buat oprasi nya, gue sih ogah”

“Benci banget gue sama si setonk, rasanya pengen gue racun aja itu kucing syalan”.

Masih banyak lagi dan lagi, makian tidak menyenangkan terlayang buat kucing gue setonk.

Kucing galak yang bayinya gue temuin di got tempat gue ngaji, yang mungkin kalo timing rescue nya gak tepat, udah lewat kali nyawanya.

Gue bukan mau jumawa, mau disebut sebagai sok hero. Gue juga kadang suka kesel kalo setonk becandanya udah kelewatan. Tapi gue tidak pernah setega itu ngata-ngatain setonk.

Gue tau dia cuma hewan yang bisa aja hidup diluar rumah. Tapi secara tidak langsung hadirnya kucing oren itu, sudah mengobati getirnya hidup gue pasca di tinggal olvo. (Kalian gak ada disaat gue butuh, tapi setonk ada)

Gue bukan manusia yang gampang nangis, tapi gue bisa nangis kalo sesuatu yang gue sayangi dapet perlakuan kurang menyenangkan.

Menurut kalian mungkin itu biasa, atau cuma becanda. Gue pun kadang Tertawa setelah kalian berkata seperti itu, tapi satu yang gak kalian tau, setelah itu gue pasti terdiam dan merenung, dan merasa iba sama setonk. (Gitu amat mereka jadi manusia)

Jadi inget cerita nabi, tentang seseorang yang menghina hewan keledai nya. Sehabis itu nabi langsung berkata “janganlah kalian menghina hewan peliharaan itu” (Lupa cerita selanjutnya maapkan ke bodohan dahlia ini, kelanjutannya googling aja).

So plisss, kalo kata lagunya Nussa Rara. “Berkata baik atau diam”

Dia cuma kocheng oren yang cuma butuh diperlakukan selayaknya mahluk Tuhan yang bernafas. Itu saja!!!!

Sorry kalo tulisan ini terlalu sentimentil

0

DAHLIA HARI INI

Dahlia yang hari ini adalah Dahlia yang sedang bilang pada diri sendiri, untuk jadi pribadi LEBIIHHHH BERSABAR*

Ternyata hidup berdampingan dengan orang yang masih berjiwa KLENIK lebih menyebalkan daripada hidup dengan orang arogan.

Segala jenis mitos diyakini, mulai dari hari lahir menandakan sifat sesorang, dari tanda lahir, unyeng unyeng dikepala ada berapa titik. Gustiiiii ingin berdebat tapi ku tahan.

Yaaa kamu harus bersabar mengadapai ke heterogenan manusia di muka bumi ini.

2

Hampir salah jurusan

Dulu pas jaman awal awal kuliah sempet merasa salah jurusan. Merasa kalo komunikasi jurnalistik itu bukan jurusan yang saya minati. Walau dulu qibon meyakinkan Dahlia sepenuh hati. Kalo jurusan ini tuh “ELU BANGET“.

Di akhir semester 1 Dahlia galau, ahhh kayanya pindah ke iklan aja deh, mumpung masih bisa pindah, curhat lah sana sani, terutama ke Qibon yang emang dari awal dia yang udah nyemplungin saya ke jurusan itu, dan ke kampus itu pula. Tapi nyatanya minta saran ke dia, hati tetep tidak merasa terpuaskan.

Hingga akhirnya curhat sama seseorang, hmmm lupa sih siapa, yang jelas dia anak TIKMA dan kayanya waktu itu lagi ‘High” Gitu dehhh. Ahhh pokonya gak tau kenapa tau-tau curhat sama orang yang lagi beler di depan Tikma.

“Broo galau nih, Kayanya gue salah jurusan deh, mau pindah aja kali yahh ke iklan. Menurut lau gimana? sebagai senior tolong wejangan nya” Dan dia yang sambil beler jawab gini.

“Kalo gue jadi elu yeeehh,, ibarat kata nih kita udah nyebur ke aer, terus basah, tapi yang basah cuma kaki kita aje kan, tanpa elu bisa tau isi didalam air laut itu sendiri ada apa aja tuhhh. Mending elu terusin nyebur sampe dalem, kali aja disitu lu bisa ketemu ikan ikan lucu yeee kaann, terus ketemu Mutiara bagus atau terumbu karang, atau juga harta karun. Nahh tuh bisa lu jual, tajiiir mampus dah lu, Udeeh santai lanjutin aja, jalanin aja, yakali Tuhan nyeburin elu tanpa maksud yang baek” Bisa bisanya dia lagi beler bawa-bawa Tuhan.

Tapi n’tahlah dari sekian banyak orang “waras yang di curhatin, kok kayanya cuma sama dia yang analoginya masuk ke sanubari dan relung jiwa ini” Wkwkwkww, emang suka ‘ngadi ngadi‘ nih si Dahlia cari temen curhat. πŸ˜…πŸ˜‚

Ya tapi beneran, setelah dijalani, saya bisa menuntaskan pendidikan itu dengan cepat, mulus dan tanpa hambatan, yaahh walau ada bumbu melas melas sama kajur dan penguji saat sidang akhir. Emang dasar kampus tercinta sih yehhh, selain menyiapkan jenjang pendidikan juga menyiapkan jenjang jodoh *eeehhh kok jadi kesitu πŸ˜†

Intinya sih gini. Salah satu benefit ambil jurusan adalah, dimana Orang-orang nya WAJIB BISA MENULIS . Seperti hari ini, 04.00 dini hari, waktu rentan antara lanjut tidur atau nunggu subuh biar gak kebablasan. Sengaja tandan ke beberapa laman temen di instagram, teman semasa kuliah dulu, yang kalo emang lagi rindu yah saya berselancar baca baca postingan mereka, itu salah satu pelarian terbaik.

Selalu jatuh cinta dengan pengalaman dari perjalanan hidup kawan kawan semasa kuliah dulu, walau kita sudah tidak lagi memungkinkan untuk bersua, setidaknya melalui tulisan kita bisa jumpa rindu.

Suprapto pernah bilang “menulis lah karna dengan menulis akan menguatkan ingatan kalian, daripada cuma nyimak saya ngoceh belum tentu pada nyangkut di otak kalian yang bebel ” Wkwkwkw

Btw apa kabar bapak dosen yang satu itu yahh? Walau punya pengalaman pahit, tapi cukup menghibur kalo lagi jenuh. (Soal Suprapto Cuma anak IISIP yang paham) πŸ˜†πŸ˜…πŸ˜‚