UKHUWAH DALAM SEPOTONG RENDANG

Tulisan ini khususon saya persembahkan kepada para pengurus Ta’lim AT-Tamr, yang semoga setiap langkah jerih payahnya diridhai dan dihitung pahala oleh Allah azzawajala.

Berkali-kali kami menentukan jadwal temu untuk mengevaluasi pernak pernik seputar ta’lim AT-Tamr. Pengajian kecil yang tercetus karena keresahan kami kepada ummat yang didunia terang benderang seperti saat ini, ternyata masih ada hati dan pengetahuan yang “Gelap” mengenal Al-Qur’an.

Alhamdulillah atas Rahmat Allah, para pencari ilmupun berhasil kita kumpulkan. Apakah kita yang hebat? BUKAN? ini tidaklah akan terwujud jika bukan karena doa-doa dan niat yang tulus para Ummahat pengajar sampai menembus langit, sehingga diberi kemudahan oleh Allah Subhana wata’alla.

Jumat tepat pukul 11.30 wib kami berkumpul diruko bunda Eka, kali ini giliran beliau yang baik hati, Sudi menyiapkan sajian yang begitu nikmat. Alhamdulillah, semoga Allah memberikan kesehatan dan kemurahan Rizky kepada beliau. Aamiin.

Menu siang santap kali ini, “camilan buah-buahan, pepes tahu, sayur bayam, kerupuk, dan rendang”. Berbicara soal rendang, tulisan ini sedikitnya jadi terinspirasi dari daging merah yang setelah diolah kok rasanya Masya Allah jadi begitu nikmat.

Mungkin karena tuan rumah, meracik masakan dengan begitu tulus dan penuh cinta. 😘

Setelah dipikir-pikir, begitupula rasanya ukhuwah ini. Dahulu sebelum mengenal Islam lebih dalam, kita hanyalah seonggok daging bernama manusia, perlahan Islam merasuk dalam kalbu, memiliki esensi lebih, hingga merasuk dalam hati. ” Empuk dan nikmat” begitulah proses ukhuwah yang saya rasakan.

Untuk sebuah pengakuan”

Awalnya saya memandang kegiatan At-tamr ini hanya sekedar untuk mengisi waktu luang, jika ibu Adiek memberikan tugas, saya sempat ogah-ogahan menjalankannya. Karna apa? Mungkin karna saat itu saya belum paham dan meresapi nikmatnya berada ditengah-tengah tim pengajar.

Seiring berjalannya waktu, saya melihat perkembangan dan kemajuan murid-murid AT-Tamr, saya diam dan berfikir setelah membaca salah satu hadist yang isinya ” Barang siapa yang mengajarkan satu ayat dari kitab Allah’ AZZA WA jalla’. Maka baginya pahala selama ayat itu dibaca. ( Dikutif dari As Silsilah ash shahihah nom1335)

Imam Bukhori menambahkan ” sebaik-baiknya kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan yang mengajarkan nya.” Masya Allah

Sambil makan dan diiringi diskusi, diam-diam saya memperhatikan betapa mereka begitu bersungguh-sungguh hanya mengharap keridhaan Allah semata.

Dalam hati saya bergumam ” Terimakasih ya Allah, karna hamba berada di lingkaran ini,” sehatkan dan kuatkan iman kami.

Sungguh diri ini tidak ada apa-apanya dibandingkan yang lain. Apalah saya yang masih mengeluh dengan keleluasaan waktu, jika kita menengok ummi Nining, dan pejuang-pejuang hebat lainnya begitu bersungguh-sungguh dalam menegakkan tauhid.

Seseorang sempat bertanya,” jeng gimana rasanya ngajar? Dan saya tidak bisa berkata apa-apa. Saya hanya menganalogikan kaya makan permen “NANO NANOManis, asam, asin, ramai rasanya. πŸ˜„

Ummahat, rangkul saya yang belum banyak ilmunya ini, sebut nama saya dalam doa-doa kalian, ingatkan terus saya dalam kebaikan, genggam erat tangan ini jikalau tekad mulai lemah, jika saya sudah tiada, ingat saya yang pernah berada diantara para Ummahat solihah.

Ukhuwah memang seperti daging rendang, sebaik apa kita memilih teman, sebaik itu juga hasil yang akan dihidangkan. Begitupun sebaliknya 😊

Jazakilah Khoiron katsiron untuk bunda Eka yang sudah menyajikan dengan hati, juga untuk para Ummahat lainnya yang selalu menjadi panutan dan tauladan hati, semoga kita tetap Istiqomah dan dikumpulkan dalam satu shaf di akhirat nanti. Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s